Hankam

Hankam

Peran Kepala RT di Desa Cikeusal Tunjang Akselerasi Pelunasan PBB

IMG-20150611-00146Radardesa.Cikeusal.  Peran para Kepala Rukun Tetangga (RT) di Desa Cikeusal Kecamatan Cimahi sangat menunjang akselerasi (percepatan) pelunasan Pajak Bumi & Bangunan (PBB) tahun 2015 ini. Faktanya, melalui pemberdayaan para Kepala RT , desa setempat mampu melunasi kewajiban dimaksud paling awal se-wilayah kecamatan tersebut. Disusul pada posisi kedua, Desa Mekarjaya dan Desa Cimahi menempati urutan ketiga.

Ketika dikunjungi Radardesa Kuningan di ruangan kerjanya pada Kamis (11/06) ini,  Kepala Desa Cikeusal, Suhendri membenarkan jika desanya menjadi desa tercepat pelunasan PBB 2015 di wilayah Kecamatan Cimahi. Menurutnya, keberhasilan yang diraih itu tidak terlepas dari program strategis pihaknya melakukan pemberdayaan para Kepala RT."Untuk tahun ini para Kepala RT langsung diberi peran sebagai kolektor pajak ke semua wajib pajak di desa,"terangnya.


Ia mengungkapkan, melalui keterlibatan langsung para Kepala RT ternyata hasilnya memenuhi harapan. Target pajak yang harus dibayar kepada pemerintah senilai tiga puluh dua juta rupiah lebih lanjutnya, dapat terpenuhi lebih cepat."Program memberdayakan para Kepala RT untuk pemungutan PBB ini yang pertama kali dilakukan di Cikeusal dan ternyata cukup berhasil,"katanya sambil tersenyum.


Sehubungan itu, Kepala Desa yang biasa disapa 'Kang Hendrik' ini menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh Kepala RT yang sudah membantu pemerintah desa menunaikan kewajiban PBB lebih awal pada 2015 ini. Ia berharap, dukungan serupa itu tetap bisa berjalan pada tahun-tahun berikutnya."Kami sengaja menyampaikan hadiah alakadarnya sebagai bentuk motivasi,  apresiasi serta penghargaan desa terhadap kinerja Kepala RT yang tercepat mengumpulkan PBB,"ucap Hendrik.


Ia sempat merinci,  untuk tahun 2015 ini pemberian hadiah terhadap para Kepala RT yang berhasil menyetorkan PBB paling cepat diterima Kana selaku Kepala RT 07/RW 02, Roni selaku Kepala RT 06/RW 04 dan Tendi yang menjadi Kepala RT 07/RW 04. "Kami berharap bukan nilai hadiah yang perlu dilihat tetapi nilai memacu semangat kerja itu yang penting digarisbawahi,"ujar Kepala Desa yang dikenal memimpin Group Seni Jaipong Dangdut Tarate ini.


Ditegaskannya juga, selain keterlibatan langsung para Kepala RT dalam kegiatan dimaksud,  pihak pemerintah desa mengakui tingkat kesadaran warganya selaku wajib pajak terbilang cukup baik.  Kondisi ini lanjutnya,  yang kemudian turut memberi andil pencapaian target pelunasan PBB berjalan lancar."Kami juga sangat berterima kasih atas kesadaran warga melunasi pajak tahunan ini,"tandasnya lagi.


Sementara itu secara terpisah saat dikonfirmasi Radardesa Kuningan melalui telepon selulernya, Camat Cimahi, Didin Bahrudin, S.Sos,  mengapresiasi Pemerintah Desa Cikeusal yang sudah berhasil memberdayakan peran Kepala RT/RW dalam melakukan akselerasi pelunasan PBB tahun 2015. Ia melihat,  program yang diterapkan seperti itu nampaknya tepat karena sesuai dengan kultur serta kondisi masyarakat setempat."Hasilnya memuaskan karena Desa Cikeusal melunasi PBB tercepat di Kecamatan Cimahi,"kata Didin diujung telepon.


Ditambahkannya,  untuk Kecamatan Cimahi sendiri kewajiban melunasi PBB sudah rampung 100 % per 29 Mei 2015 lalu. Hasil itu sambung Didin, tentu berkat kerja sama dan kerja keras semua pihak terkait. Menurutnya, dari jauh-jauh hari pihak pemerintah kecamatan setempat sudah mensosialisasikan pemenuhan kewajiban rutin masyarakat baik langsung maupun melalui komponen pemerintah desa."Alhamdulillah untuk tahun 2015 ini Kecamatan Cimahi tergolong cepat dalam memenuhi kewajiban PBB,"pungkas pria familiar ini bersyukur. *Nacep Suryaman
IMG-20150611-00148  IMG-20150611-00147


 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Peran Kepala RT di Desa Cikeusal Tunjang Akselerasi Pelunasan PBB"

Posting Komentar