Hankam

Hankam

Dandim 0712 Tegal Ikuti Apel Gelar Patuh Candi 2024 Di Wilayah Hukum Polres Tegal

 


Tegal - Bertempat di Halaman Mapolres Tegal Jl. AIP KS Tubun No.3, Kalijembangan, Pakembaran, Kec. Slawi, Kab. Tegal. Dandim 0712/Tegal Letkol Inf Suratman, SIP., MIP mengikuti Apel Gelar Operasi Patuh Candi 2024 dalam rangka Cipta Kondisi Kamseltibcarlantas psca pelaksanaan Hari Bhayangkara Tahun 2024 diwilayah Hukum Polres Tegal, yang bertindak Pimpinan Apel Kapolres Tegal (AKBP Moch. Sajarod Zakun, S.H.,S.I.K.) Komandan Apel Iptu Priyo Dwi Susanto (Kaur Reg Ident Polres Tegal). Senin (15/7/2024)

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Pj. Bupati Tegal diwakili Kabid Poldagri Kesbangpol Kab. Tegal, Imanudin Asa, SE., MSi., Kapolres Tegal, AKBP Moch. Sajarod Zakun, S.H.,S.I.K., Dandim 0712/ Tegal, Letkol Inf Suratman, S.I.P., M.I.P., Kajari Kab. Tegal, diwkaili Kasi Pidum Kejaksaan Donny Roy Hardi, SH., MH, Ka Pengadilan Negeri Kab. Tegal, Diwakili Wakil Ka Pengadilan Negeri Kelas IB Oki Basuki Rachmat, SH., MM., MH., Waka Polres Tegal, Kompol M. Iskandarsyah, S.P., S.I.K., M.M., Dansubdenpom IV/1-3 Tegal, Kapten Cpm Sukristiyanto, Ka Dishub Kab. Tegal diwakili Kabid Lalulintas Bpk, Haris, SH, Ka Satpol PP Kab. Tegal, diwakili Kabid Trantib Satpol PP Bpk. Yunan, SH, Kepala PMI Kab. Tegal, Bpk. Imam Susworo, SH, PJU dan Kapolsek Jajaran Polres Tegal.

Susunan pasukan apel diantaranya 1 SST Pama Polres Tegal, 1 Sub Denpom IV/1-3 Tegal dan Kodim 0712/Tegal, 1 SST Satlantas Polres Tegal, 1 SST Sat Samapta Polres Tegal, 1 SST gabungan Binmas dan Staf Polres Tegal, 1 SST gabungan Tahti, Satintelkam, Satreskrim, Satresnarkoba dan Sat Tahti, 1 SSR gabungan Dishub dan Sat Pol-PP Kab. Tegal.

Amanat Kapolda Jateng yang dibacakan oleh Pimpinan Apel Kapolres Tegal AKBP Moch Sajaroed Zakun, SH.,SIK mengatakan Apel Gelar Pasukan dalam rangka Operasi Patuh Candi 2024 tema operasi patuh 2024 adalah “Tertib Berlalu Lintas Demi Terwujudnya Indonesia Emas". Semoga melalui kegiatan apel gelar pasukan ini kita dapat menyatukan pemahaman demi memaksimalkan pelaksanaan Operasi Patuh Candi-2024.

Jumlah pelanggaran lalu lintas di wilayah Jawa Tengah dari tahun ke tahun semakin meningkat. Hal ini menunjukkan kurangnya kesadaran masyarakat dalam ketertiban berlalu lintas banyaknya pelanggaran berpotensi menyebabkan kecelakaan, hal ini perlu adanya tindakan preemtif dan preventif dengan melaksanakan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat dengan penyebaran pamflet, spanduk atau melalui media massa di samping itu juga melakukan penyuluhan ke sekolah sekolah atau komunitas komunitas pengendara selain itu, Polda Jateng melaksanakan penegakan hukum sebagai upaya terakhir dalam rangka kesadaran masyarakat berlalu lintas sehingga Polda Jateng melaksanakan Operasi Patuh Candi 2024.

Sebagai informasi data jumlah pelanggaran lalu lintas pada Semester I Tahun 2024 sebanyak 358 664 pelanggaran dibandingkan dengan semester 1 Tahun 2023 sebanyak 336 909 pelanggaran, trend turun 6 & selain itu, kejadian kecelakaan lalu lintas pada semester 1 Tahun 2024 sebanyak 15 242 kejadian dibandingkan dengan semester 1 2023 sebesar 15 743 kejadian, trend turun 3 96.

Dalam rangka meningkatkan kepatuhan masyarakat terhadap aturan lalu lintas yang berlaku, Polri secara serentak menggelar Operasi Patuh 2024 selama 14 hari dari tanggal 15 s.d 28 Juli 2024. Dalam rangka cipta kondisi kamseltibcarlantas pasca pelaksanaan hari bhayangkara tahun 2024 jumlah personel yang akan dilibatkan sebanyak 2510 orang yang terdiri dari 260 Pers Polda Jateng dan 2250 Pers Polres/Ta Jajaran Polda Jateng sasaran utama operasi ini adalah segala bentuk Potensi Gangguan (PG) Ambang Gangguan (AG) dan Gangguan Nyata (GN) yang berpotensi menyebabkan kemacetan pelanggaran, dan laka lantas baik sebelum pada saat dan Pasca Ops Patuh.

Operasi Patuh Candi-2024 dilaksanakan guna menurunkan angka pelanggaran kecelakaan lalu lintas dan angka fatalitas serta meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas. Operasi Patuh Candi-2024 akan mengedepankan giat edukatif dan persuasif serta humanis didukung gakkum lantas menggunakan etle (Statis, Mobile, dan Hand Held).

“Kami harap dengan adanya operasi patuh ini, kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas semakin meningkat sehingga kecelakaan lalu lintas dapat diminimalisir operasi patuh kali ini juga merupakan sarana bagi kita untuk mengedukasi dan mengajak masyarakat secara humanis untuk patuh dan disiplin”, ungkapnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dandim 0712 Tegal Ikuti Apel Gelar Patuh Candi 2024 Di Wilayah Hukum Polres Tegal"

Posting Komentar