Hankam

Hankam

Pemasangan U-Ditch Oleh Satgas TMMD Kodim Tegal Dipastikan Sesuai Presisi

 


Tegal - U-Ditch dan Cover merupakan produk beton pracetak yang dibuat menyerupai huruf U dilengkapi dengan tulangan atau wiremesh dan dicor menggunakan beton mutu tinggi. Dimensi dari U-Ditch dan Cover dapat disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan dan debit air yang harus dialirkan. U-Ditch dapat dipasang baik dengan maupun tanpa tutup

Hari ketujuh pelaksanaan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap III tahun 2024, di wilayah Kodim 0712/Tegal Korem 071/Wijayakusuma. Satgas TMMD yang mengerjakan pembuatan drainase terus dilakukan. Rabu (31/07/2024)

Sejak dibuka kegiatan TMMD, para personil Satgas terus melakukan pemasangan U-Ditch dan Cover yang berfungsi sebagai struktur dasar saluran air di Jln. Surabaya RT 11, RW 12, Kelurahan Panggung, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal.

“Alhamdulillah, di hari ketujuh ini kita sudah mencapai sekitar 29 persen pemasangan U-Ditch pembuatan drainase dengan perkiraan sepanjang 136,8 meter yang terpasang. Hal ini berkat kerja keras Satgas TMMD,” kata Pasiter Kodim 0712/Tegal Kapten Inf Sokib Setyadi

Lebih jauh Pasiter menerangkan, kunci kecepatan dari pemasangan U-Ditch adalah presisi sejak pemasangan awal, diikuti dengan pemasangan berikutnya. Jika tidak presisi, akan ada celah antar U-Ditch.

“Kalau ada celah, itu nantinya jadi masalah. Bisa ada pengendapan sampah, kalau salurannya sudah dipakai. Juga akan ada genangan air antara tanah dengan U-Ditch. Nah, genangan ini bisa merusak beton U-Ditch, jadi umur pemakaian drainasenya berkurang,” terang Kapten Inf Sokib.

Ia menambahkan, pemasangan ini dimulai dari tahapan penggalian area drainase. Dengan Lebar dan kedalaman galian harus sesuai dengan ukuran U-Ditch.

“Saat pemasangan, pertemuan antar beton harus tersambung rapat. Kalau kepanjangan saluran trasenya, bisa dibagai jadi beberapa titik sesuai acuan dasar elevasi, agar sesuai perencanaan,” paparnya.

Terakhir, usai pemasangan, tambahnya, harus segera dilakukan pengurukan sisi kanan-kiri saluran air, agar U-Ditch tidak bergeser. (pendimtegal)

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pemasangan U-Ditch Oleh Satgas TMMD Kodim Tegal Dipastikan Sesuai Presisi"

Posting Komentar