Hankam

Hankam

Dandim Tegal Hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Candi 2024-2025 Tingkat Polres Tegal

 


Tegal – Bertempat di Lapangan Apel Pemda Kab. Tegal, Jl. Dr. Soetomo No.1 Kec. Slawi Kab. Tegal, Komandan Kodim 0712/Tegal, Korem 071/Wijayakusuma Letkol Inf Suratman, SIP., MIP menghadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Candi 2024-2025 dalam rangka pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2024, bertindak sebagai Pimpinan Apel Kapolres Tegal AKBP Andi M. Indra Waspada Amirullah, SH.,SIK.,MM.,M.Si, Pa Up Kabagren AKP Awan Agus. Jumat (23/8/2024)

Hadir dalam kegiatan Pj Bupati Tegal diwakili Kaban Kesbangpol Kab. Tegal Trinanda Aji Permana, Kapolres Tegal AKBP Andi M. Indra Waspada Amirullah, SH.,SIK.,MM.,M.Si, Dandim 0712/Tegal Letkol Inf Suratman, SIP.,MIP, Dansatradar 214 Tegal Letkol Lek Prasetyo Tri Adi Nugroho, S.T.,M.Tr.,SOU, Danlanal Tegal diwakili Palaksa, Mayor Laut (P) Nurofik, S.M., Danyon 407/PK diwakili Kakorum Lettu Inf Masraniansyah, Dansub Denpom IV/1-3 Tegal Kapten Cpm Sukrisyanto, Kajari Kab. Tegal diwakili Kasi BB Niluh Arie Diningsih, SH.,MH, Ketua KPU Kab. Tegal Himawan Tri Pratiwi, Ketua Pengadilan Agama Kab. Tegal Dr Yuniti Faizah, S.Ag.,SH.,M.Si serta tamu undangan lainnya.

Dalam amanatnya Pimpinan Apel Kapolres Tegal AKBP Andi M. Indra Waspada Amirullah, SH.,SIK.,MM.,M.Si mengatakan bahwa Apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan kesiapan personil maupun sarana dan prasarana operasi mantap praja tahun 2024, sehingga Pilkada tahun 2024 diharapkan dapat terselenggara dengan aman dan lancar.

Pilkada merupakan kalender Kamtibmas setiap lima tahun sekali di mana merupakan arena konsistensi yang sah dan legal untuk meraih dan mempertahankan kekuasaan yang dilindungi oleh undang-undang, melihat pentingnya hal tersebut maka seluruh komponen tentunya harus mengambil peran sesuai dengan tupoksi masing-masing guna menyukseskan Pilkada 2024 terlebih lagi Pilkada di tahun 2024 memiliki kompleksitas tersendiri karena dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia oleh sebab itu guna mengamankan Pilkada 2024 maka Polri didukung TNI instansi terkait dan mitra Kamtibmas lainnya menggelar dengan kata sandi operasi mantap praja tahun 2024.

Operasi ini dilaksanakan selama 112 hari sejak 27 Agustus 2024 sampai dengan 25 Februari tahun 2025 keberhasilan pengamanan Pilkada tahun 2024 terdapat lima kunci sukses sebagai berikut, regulasi yang jelas, logistik tepat waktu dengan pembabakan produk dalam negeri, Penyelenggaraan yang profesional berintegritas dan netral, Peserta pemilu, Pemilih yang berpendidikan.

Berdasarkan prediksi intelijen terdapat potensi gangguan kamtibmas yang harus kita antisipasi yaitu gangguan terhadap pendaftaran peserta, penyelenggara, distribusi logistik, pelaksanaan kampanye Pilkada tahun 2004 dan gangguan pada masa tenang, perhitungan suara, penetapan pemenang dan pelantikan Pilkada tahun 2025.

Dinamika situasi Kamtibmas menjelang Pilkada 2024 menuntut kehadiran Polri bersama semua stakeholder untuk menentukan langkah antisipasi operatif dan menerapkan strategi yang tepat guna mengantisipasi berbagai potensi gangguan yang ada dengan strategi kolaborasi integritas dan sinergitas antara Kabupaten Tegal dengan penyelenggara Pilkada sehingga terungkap Pilkada tahun 2004 yang berkualitas dan menghasilkan pemimpin terpilih yang mampu memimpin Kabupaten Tegal guna mewujudkan Indonesia emas tahun 2045 dengan semangat Nusantara baru Indonesia maju.

Selanjutnya terkait tindak pidana Pilkada lakukan koordinasi dan kolaborasi antar pilar sentra gakumdu agar penanganan pelanggaran serta penyelesaian tindak pidana Pilkada dapat dilakukan secara profesional serta transparan sehingga mendapatkan ligitimasi dari masyarakat.

Pada kesempatan yang penuh semangat dan kebersamaan ini terdapat penekanan yang harus dipedomani pedomani. Pertama, tingkatkan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha esa semoga tugas pemakaman ini menjadi radang amal ibadah bagi kita semua. Kedua, laksanakan pengamanan dengan penuh rasa tanggung jawab humanis profesional sesuai dengan SOP dan menerapkan bagi sistem guna menjamin keselamatan personil.

Sebelum mengakhiri amanat ini saya sekali lagi atas nama pimpinan Polri mengucapkan terima kasih serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada kita semua lihat yang pemangku kepentingan yang akan terlibat dalam pilkada tahun 2024 semoga tugas yang kita tunjukkan dalam pelaksanaan pengamanan Pilkada tahun 2024 ini menjadi catatan amal ibadah di hadapan Tuhan Yang Maha Esa.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dandim Tegal Hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Candi 2024-2025 Tingkat Polres Tegal"

Posting Komentar