Hankam

Hankam

Program Pompanisasi Kodim Tegal Bantu Pengairan Petani

 


Tegal - Musim kemarau merupakan salah satu mimpi buruk bagi sebagian besar petani di Indonesia. Tak terkecuali bagi para petani di Desa Tegalandong, Kecamatan Lebaksiu, Kabupaten Tegal.

Puluhan tahun, setiap musim kemarau, para petani di sana kesulitan mendapatkan kebutuhan air untuk mengairi lahan pertaniannya. Hal itu membuat mereka hanya dapat menanam jenis tanaman tertentu saja.

“Air di sini sangat sulit saat musim kemarau, rata-rata tadah hujan saat tanam padi,” kata Serda Sukarno di sela-sela melakukan pendampingan perairan ke petani, Kamis (05/09/2024).

Dikatakan Serda Sukarno, jika tidak sedikit juga petani yang membiarkan lahannya terbengkalai saat musim kemarau. Karena ketika dipaksakan pun khawatir harus gagal panen dan merugi.

Namun, kini kesulitan petani di Desa Tegalandong untuk mendapatkan kebutuhan air mulai terbuka dan terjawab dengan hadirnya program pompanisasi bantuan dari Kementerian Pertanian bekerja sama dengan TNI AD melalui Kodim 0712/Tegal.

Sementara Danramil 15/Lebaksiu Kodim 0712/Tegal Korem 071/Wijayakusuma Kapten Inf Ady Sulistio mengatakan “Program pompanisasi ini dilakukan dengan memanfaatkan aliran sungai dan sumur bor, sehingga diharapkan dapat berdampak terhadap peningkatan Perluasan Areal Tanam (PAT) di sini,” ungkapnya.

Kapten Ady meyakini, kondisi itu akan memberikan dampak langsung bagi produktivitas pertanian dan kesejahteraan para petani. Sehingga dengan pompanisasi ini, petani tidak ragu lagi menanam padi saat musim kemarau.

Sementara itu dampak dari adanya program pompanisasi bantuan dari Kementerian Pertanian tersebut diakui sangat dirasakan oleh petani di Desa Tegalandong. Ia optimis, program itu membuat para petani di desanya dapat panen dua kali dalam setahun.

Ketua Poktan Sumber Harapan Wiryono mengatakan “Dengan adanya pompanisasi ini, kami para petani sangat terbantu bisa mengairi sawah. Kami yakin, yang semula setahun satu kali panen, berkat adanya bantuan pompanisasi ini bisa menjadi dua kali panen,” ujarnya.

Karenanya, pihaknya menyampaikan terima kasih atas bantuan program pompanisasi dari Kementerian Pertanian. Bahkan, adanya pendampingan oleh Babinsa selama ini sangat membantu petani. ( pendimtegal )

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Program Pompanisasi Kodim Tegal Bantu Pengairan Petani "

Posting Komentar